Kamis, 03 Maret 2011

UFO C*World

UFO-C*World

[UFO] [BETA]
 UFO adalah akronim dari "Unidentified flying Object", atau disetarakan kedalam Bahasa Indonesia menjadi "Benda Terbang Tak Dikenal" (BETA).

 Istilah UFO sendiri muncul pada tahun 1954, dalam suatu press release resmi oleh Angkatan Udara Amerika Serikat di Pentagon atas prakarsa Edward Ruppelt yang menjabat sebagai direktur pertama dari Project Blue Book.  Project Blue Book sendiri adalah proyek pertama penyelidikan UFO yang dibentuk oleh AU AS dalam meneliti fenomena penampakan benda-benda terbang asing di dunia khususnya di Amerika Serikat pada saat itu.

Sebelum istilah UFO di perkenalkan melalui press release tersebut, media massa pada saat itu mempergunakan istilah Flying Saucer (atau "Piring Terbang") pada fenomena UFO itu sendiri, hal ini mengacu pada pengalaman Kenneth Arnold di Gunung Rainier, Amerika Serikat, tujuh tahun sebelumnya. Sedangkan istilah BETA sendiri muncul atas prakarsa Marsekal Muda TNI (Purn) J. Salatun, Ufolog Indonesia yang juga pendiri dan salahsatu ketua LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).
Adapun saat ini, istilah UFO sendiri masih memiliki dualisme arti, yang pertama mencakup secara luas seluruh peristiwa penampakan segala macam benda terbang yang tak dikenal, tanpa harus mengacu semata-mata kepada “Piring Terbang”, atau “kendaraan dari luar angkasa”. Dalam pandangan pertama ini, suatu benda terbang tak dikenal sudah sewajarnya mendapat istilah “UFO” sebelum berhasil diidentifikasi.
Sedangkan menurut Wikipedia Indonesia, istilah UFO setara dengan "BETA" di Indonesia, adalah istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentifikasikan oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar